Tuesday, July 24, 2018

Arti beda dari Virus, Worm, malware dan Trojan

Oke bagi sebagian IT hal ini memang sudah wajar karna kurangnya keamanan dan celah dikomputer kita. Tapi bagi sebagian orang awam hal ini membuat mereka menjadi takut karna tidak mengetahui apa itu virus, dan dalam expentasi mereka hal ini membuat komputernya rusak.
Skip sekarang kita akan membahas apa pengertian Virus, Malware, Worm dan Trojan.

Gambar 1.1
 1. Virus 
Ya yang pertama adalah virus yaitu sebuah file berisi kode yang membutuhkan pihak ketiga(manusia) untuk menjalankan file tersebut, dan tak bisa berjalan otomatis untuk menginfeksi komputer. Supaya virus tersebut bisa berjalan oleh "klik" manusia maka dia memalsukan dirinya bisa berupa .doc .jpg atau folder. Kebanyakan virus yang menginfeksi komputer adalah virus Shortcut.
 2. Malware 
Malicious Software(software jahat)  jika didalam film dia berperan sebagai antagonis atau yang jahat, ya mudah sekali untuk dibedakan dengan software. Beberapa hal merugikan yang malware lakukan adalah mengubah data file, menghabiskan bandwich dan lain lain tanpa diketahui pemilik komputer atau administrator.
 3. Worm
Cacing komputer atau juga disebut worm (bahasa Inggris:computer worm atau wormdalam keamanan komputer, adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. ... Beberapa worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia. Worm merupakan evolusi dari virus komputer. Cara mengatasinya dengan mungupdate antivirus dan patch dari Os.
 4. Trojan
Kuda troya atau biasa disebut trojan adalah sebuah program berbahaya yang bisa menyamar menjadi software. Mereka bisa merusak sistem, spyware, dan bisa memasukan banyak virus kekomputer kamu.
Gambar 1.2

Oke itu Penjelasan singkat tentang Virus, Malware, Worm dan Trojan semoga bisa membantu dan bisa membedakan program-program berbahaya tersebut. Dan Alangkah baik kamu menginstal antivirus dan mengupdat patch pada Os kamu yang terbaru agar komputer tidak ter exploitasi.
Sumber: Wikipedia.

Keyword: Virus berbahaya komputer, Program komputer, apa perbedaan trojan dan worm, cara membedakan program berbahaya.

10 comments

These are all great suggestions on what to be aware of on the internet.

Absolutely necessary to understand this. Thank you for sharing.

Very informative, it is important to know about malware.

Great information! I've had computer problems because of a virus before so this is a good reminder to keep my antivirus up to date

Very helpful post. Most of these things I was aware of, but it's always good to have a reminder. Thank you

Thank you, I didn't know the difference between a Virus, Malware, Worm and Trojan until I read this.

Great job, you did very well explaining this tips.

Thanks for sharing I'm sure everyone will be enlightened about these terminologies

Trojan....you've explained it sssoooo well to me! I get it now. Thanks.

Much love.

Kaspersky is a good antivirus to use to protect the computer from such things. Thanks for the informative post.


EmoticonEmoticon